Makna Arti Pernikahan

Bagi anda yang berada pada usia produktif tetapi belum menikah mungkin sering mendengar pertanyaan kapan anda akan menikah, baik dari teman maupun keluarga. Sebelum menikah tidak salah jika anda mencari makna dan arti pernikahan. Pernikahan berasal dari kata nikah yang berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti “ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan  sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama”, sedangkan arti pernikahan adalah “hal (perbuatan) nikah atau upacara nikah”. Dari sini paling tidak dapat diketahui bahwa pasangan atau orang yang mau menikah harus melakukannya sesuai dengan hukum dan ajaran agama. Arti pernikahan tidak hanya bisa ditinjau dari segi bahasa, tetapi juga dapat kita tinjau dari berbagai segi, misalnya saja pernikahan dari segi kesehatan, segi sosial, segi ekonomi bahkan segi agama itu sendiri. Jika kita memperhatikan arti pernikahan dari banyak segi maka akan diperoleh gambaran tentang pernikahan secara utuh.

arti pernikahan Setelah mengetahui arti pernikahan secara bahasa ternyata harus sesuai dengan hukum dan agama maka selanjutnya kita harus mempelajari hukum dan ajaran agama yang mengatur tentang pernikahan. Dari mempelajari pernikahan secara hukum ini kita akan tahu apa saja yang harus dilakukan agar sebuah pernikahan sah menurut hukum. Arti pernikahan harus sesuai hukum maka pasangan yang akan menikah harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar pernikahan dapat disahkan dan mendapatkan surat pernikahan sebagai bukti bahwa pernikahan telah dilakukan sesuai dengan hukum. Arti pernikahan juga bahwa harus dilakukan sesuai dengan ajaran agama, maka pasangan yang akan menikah harus mengetahui syarat-syarat sah sebuah pernikahan dan apa saja yang harus dipersiapkan agar sebuah pernikahan juga sesuai dengan ajaran agama. Setelah mengerti arti pernikahan dan syarat-syaratnya agar pernikahan tersebut sah sesuai dengan hukum dan ajaran agama maka anda sudah memiliki bekal untuk menikah.

Sangat baik jika anda juga mempelajari arti pernikahan dari segi-segi lain yang telah disebutkan di atas. Arti pernikahan pada segi kesehatan anda akan mempelajari bagaimana perilaku pernikahan yang sehat, perilaku yang sehat ini erat kaitannya dengan hubungan suami istri yang akan dilakukan. Misalnya saja untuk mendapatkan keturunan, pasangan suami istri yang akan menikah sebaiknya memeriksakan kondisi kesuburan kepada dokter agar jika ternyata pembuahan sulit terjadi dapat diketahui penyebab dan cara menanggulanginya. Arti pernikahan dari segi ekonomi anda akan mempelajari apa saja tanggung jawab seorang suami dan istri dalam pemenuhan kebutuhan hidup keluarga, apa yang sebaiknya dilakukan seorang istri jika suami bekerja tetapi tidak mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Paling penting untuk mengetahui arti pernikahan dari segi psikologis untuk mengetahui perasaan dan bagaimana sebaiknya memperlakukan pasangan.

pengertian pernikahan (541),arti pernikahan (323),makna pernikahan (86),arti perkawinan (54),arti ijab kabul (45),pengertian ijab kabul (42),arti ijab qobul (40),arti ijab kabul pernikahan (36),arti menikah (32),arti ijab qabul (30),pengertian perkawinan (27),makna ijab kabul dalam pernikahan (26),makna ijab kabul (21),pengertian ijab kabul dalam pernikahan (20),pengertian ijab qabul dalam pernikahan (18),makna perkawinan (17),arti dari ijab qobul (15),arti dari pernikahan (14),PENGERTIAN IJAB (13),makna ijab kabul pernikahan (13)