Syarat – syarat sahnya pernikahan Islam

Pernikahan Islam ialah sebuah prosesi pernikahan yang menggunakan hukum agama Islam sebagai landasan pernikahan. Untuk pernikahan Islam, tentunya bagi orang yang beragama Islam, tidak diperuntukkan untuk pasangan yang beragama selain Islam. Karena orang yang beragama selain agama Islam tidak ada keterikatan akan hukum atau pertauran dalam prosesi pernikahan Islam. Di negara Indonesia sendiri, ada sebutan lain untuk prosesi pernikahan Islam, yakni pernikahan siri. Dan pengertian khusus dari pernikahan siri ini adalah pernikahan yang di anggap sah dari sudut pandang agam Islam, namun masih belum bisa di akui secara sah menurut hukum negara. Karena pernikahan siri tidak mempunyai surat hukum negara yang di keluarkan oleh departemen agama khususnya Kantor Urusan Agama atau yang di singkat dengan KUA.

Untuk proses pernikahan Islam itu tidak di haruskan danya proses atau acara tukar cincin, acara seserahan, atau acara tradisi yang lainnya. Karena hal itu malah di anggap sebagai ajang untuk bisa berpamer diri. Bahkan sangat dinilai tidak penting karena benar – benar di anggap sebagai hal riya’ dalam agama Islam yang isa memicu fitnah, iri, dan kesalahfahaman di dalam masyarakat. Pernikahan Islam pun juga mempunyai syarat tertentu, agar bisa terciptanya unsur sah di dalam pernikahan terebut. Dan beberapa syarat sah yang di maksud di dalam pernikahan Islam yaitu:

  1. Adanya mempelai pria sebagai pihak yang di tunjuk untukmengucapkan hijab pernikahan. Keberadaan calon pengantin pria ini harus ada secara fisik dan tidak bisa untuk di wakilkan orang lain meski dengan alasan apapun.
  2. Adanya wali dari pihak mempelai wanita, wali disini di maksudkan sebagai pihak yang mempunyai hak untuk bis amenikahkan kedua calon pengantin serta untuk menerima ijab qobul dari mempelai pria.
  3. Adanya saksi. Yaitu pihak yang bisa memberikan kesaksian dalam proses pernikahan tersebut dan mempunyai hak untuk menentukan apakah sebuah pernikahan tersebut di nilai atau sah atau tidak sah berdasarkan hukum agama Islam.
  4. Adanya mahar yang merpakan bentuk bingkisan yang di berikan oleh pihak pria kepada pihak mempelai wanita sebagai tanda mata.
  5. Lalu adanya ucapan ijab qobul yang di ucapkan atau di sampaikan oleh wali nikah kepada calon pengantin pria.

Semua syarat ini yang menjadi hal penting untuk proses pernikahan Islam. Jika anda merupakan pasangan Islam yang ingin segera menyelenggarakan acara pernikahan, mak sebaiknya anda beserta pasanagn mulai bebenah diri untuk menyiapkan segala keperluan yang di butuhkan pada saat berlangsungnya acara istimewa anda nanti. Risalah kecil ini merupakan hal kecil yang di harapkan bisa membantu penyadaran umat Islam untuk lebih mengerti tatanan pernikahan Islam. Sehingga berbagai pelajaran Islam yang sangat kompleks dan juga luas bisa tidak lagi asing di tengah – tengah umatnya sendiri. Semoga anda pun juga makin mengerti akan syarat di pernikahan Islam.


syarat nikah siri (412),syarat nikah siri dalam islam (245),syarat nikah siri menurut islam (191),syarat nikah (153),syarat nikah menurut islam (110),syarat sah nikah dalam islam (97),nikah siri menurut islam (89),syarat sah nikah (58),syarat sah nikah menurut islam (57),syarat nikah sirih (51),persyaratan nikah siri (51),nikah siri dalam islam (50),hukum nikah siri dalam islam (47),syarat sah pernikahan dalam islam (43),syarat nikah dalam islam (41),syarat sah perkawinan (40),syarat sah pernikahan (36),syarat sah nikah siri (32),syarat-syarat nikah siri (32),syarat sah pernikahan menurut islam (30)